Peran Profitabilitas dalam Memediasi Pengaruh Capital Intensity, Inventory Intensity Dan terhadap Penghindaran Pajak

Authors

  • Era Universitas Esa Unggul

Keywords:

Capital Intensity, Inventory Intensity, Profitabilitas, Penghindaran Pajak

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis pengaruh capital intensity, inventory intensity dan profitabilitas terhadap penghindaran pajak. Penelitian ini dilakukan pada industry Manufaktur sub sektor otomotif dan komponen yang terdaftar di BEI periode 2018-2021.
Sampel dari penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan menggunakan laporan keuangan yang dipublikasi pada situs resmi BEI. Selanjutnya teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis) dengan 3 sub model. Penelitian ini menggunakan 48 data, setelah dilakukan pengolahan data terdapat 13 data yang terkena outlier, total sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 35 data.
Hasil penelitian ini menunjukan capital intensity, inventory intensity dan profitabilitas tidak berpengaruh secara simultan dan parsial terhadap penghindaran pajak. Profitabilitas berpengaruh terhadap penghindaran pajak, namun capital intensity dan invetory intensity tidak berpengaruh terhadap penghindaran pajak. Capital intensity dan inventory intensity berpengaruh secara simultan terhadap profitabilitas. Capital intensity berpengaruh negatif terhadap profitabilitas dan Inventory intensity tidak berpengaruh terhadap profitabilitas. Profitabilitas memediasi pengaruh capital intensity terhadap penghindaran pajak, namun tidak memediasi pengaruh inventory intensity terhadap penghindaran pajak.

Downloads

Published

2022-11-24

How to Cite

administrator, E. A. (2022). Peran Profitabilitas dalam Memediasi Pengaruh Capital Intensity, Inventory Intensity Dan terhadap Penghindaran Pajak. Journal Advancement Center for Finance and Accounting, 2(03), 62–99. Retrieved from https://journal.jacfa.id/index.php/publish/article/view/19