Pengaruh Kebijakan Dividen, Pertumbuhan Perusahaan dan Kualitas Laba Terhadap Nilai Perusahaan

Authors

  • Aldi Universitas Esa Unggul

Keywords:

Nilai Perusahaan, Kebijakan Dividen, Pertumbuhan Perusahaan, Kualitas laba

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Kebijakan Dividen, Pertumbuhan Perusahaan, dan Kualitas Laba Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Industri Jasa Sub Sektor Properti dan Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2021). Kebijakan Dividen diukur dengan menggunakan Dividend Payout Ratio (DPR) dibagi Earning Per Lembar. Pertumbuhan Perusahaan diukur dengan menggunakan Perubahan Total Aset. Kualitas Laba diukur dengan menggunakan Quality of Income (QI). Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, dengan kriteria perusahaan Industri Jasa Sub Sektor Properti dan Real Estate yang secara konsisten menerbitkan laporan keuangan dan membagikan dividen kas periode 2017-2021.
Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif yang bersumber dari data sekunder berupa laporan keuangan. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis data linier berganda, sedangkan Nilai Perusahaan diproksikan menggunakan Price to Book Value (PBV) dengan rumus harga saham dibagi dengan nilai buku per lembar saham. Hasil pengujian ini menunjukkan bahwa kebijakan dividen, pertumbuhan perusahaan, dan kualitas laba secara simultan memiliki pengaruh positif terhadap nilai perusahaan. Kebijakan dividen secara parsial memiliki pengaruh positif terhadap nilai perusahaan. Pertumbuhan perusahaan secara parsial tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, dan kualitas laba secara parsial memiliki pengaruh positif terhadap nilai perusahaan.

Downloads

Published

2022-11-24

How to Cite

Renaldi, A. (2022). Pengaruh Kebijakan Dividen, Pertumbuhan Perusahaan dan Kualitas Laba Terhadap Nilai Perusahaan. Journal Advancement Center for Finance and Accounting, 2(03), 223–254. Retrieved from https://journal.jacfa.id/index.php/publish/article/view/25