Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan, dan Penerapan E-Commerce Terhadap Nilai Perusahaan
Keywords:
Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan, Penerapan E-commerce, Nilai PerusahaanAbstract
Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh dari Profitabilitas (ROA), Leverage (DER), Ukuran Perusahaan (SIZE), dan Penerapan E-Commerce (Dummy) terhadap Nilai Perusahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Barang Konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2020. Populasi dalam penelitian adalah 52 perusahaan. Penelitian ini menggunakan 32 perusahaan dengan total data 160 sebagai sampel. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan dan Penerapan E-commerce berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan. Variabel Profitabilitas berpengaruh secara positif terhadap Nilai Perusahaan, Leverage berpengaruh secara positif terhadap Nilai Perusahaan, Ukuran Perusahaan berpengaruh negatif terhadap Nilai Perusahaan dan Penerapan E-Commerce berpengaruh negatif terhadap Nilai Perusahaan