Pengaruh Sales Promotion, Persepsi Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Aplikasi Bukalapak
Keywords:
Promosi Penjualan, Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan, Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara sales promotion, persepsi harga dan pelayanan terhadap keputusan pembelian customer, baik secara bersama-sama (simultan) maupun sendiri-sendiri (parsial) serta variabel yang paling dominan dalam mempengaruhi keputusan pembelian. Pendekatan riset yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan menggunakan jenis penelitian asosiatif kausal yang menjelaskan bahwa variabel independen (X) mempengaruhi variabel dependen (Y). Adapun sampel penelitian minimal ialah 5 kali dari jumlah pernyataan yang terdapat di kuesioner. Terdapat 30 pernyataan dalam kuesioner penelitian ini, sehingga jumlah minimum sampel yang diperlukan adalah 150 responden. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh customer yang sudah melakukan transaksi di Bukalapak. Dari hipotesis yang terdapat dalam penelitian ini, memberikan bukti bahwa variabel sales promotion, persepsi harga dan kualitas pelayanan berpengaruh secara bersamaan terhadap keputusan pembelian. Sales promotion berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Persepsi harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Kualitas pelayanan berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Sales promotion merupakan variabel yang paling dominan untuk mendorong customer dalam melakukan keputusan pembelian.